« Home | Banjir » | Jakarta di hari minggu » | Sengsaranya Penumpang Angkutan Umum » | DLLAJ dan Terminal bayangan » | Kritikan pemerintah Jakarta » | Pagi yang cerah di Jakarta » | Mentari menampakkan wujudnya » 

Sunday, March 07, 2004 

Molornya Proyek Pembangunan di Ibu Kota

Setiap hari dari hari Senin sampai Jum'at, aktifitas kekantor selalu melalui Proyek Underpass Senen. Macet serta macet mewarnai perjalanan dan timbul apa yang dinamakan stres.

Bila diperhatikan seksama, proyek tersebut dimulai pekerjaannya tiga bulan sebelum tahun 2003 dan kalau tidak salah rencana selesainya proyek tersebut adalah 5 bulan atau 150 hari kalender. Informasi ini jelas di tulis pada papan pengumuman rencana pembangunan proyek underpass senen. Bila pekerjaan proyek dilaksanakan Oktober 2003 maka harusnya bulan ini sudah selesai aktifitas pembangunan Underpass Senen. Jujur saja nih, kalau dilihat seksama pekerjaan tersebut bukannya membuat nyaman warga tetapi malah semakin membikin stres warga. Misalnya saja hal yang kecil yaitu bila kita melewati lokasi proyek sebelum dan setelah rel kereta api maka kenyamanan tidak pernah diperhatikan kontraktor proyek. Seharusnya jalan yang rusak tersebut diperbaiki, legokan aspal di sisi-sisi rel kereta api diratakan dan ini akan membuat sedikit lancar arus lalu lintas. Pengalaman pembangunan Underpass Pramuka, pekerjaan kala itu sangat molor berakibat kemacetan berkepanjangan. Kenapa kontraktor pembangunan Underpass Senen tidak belajar dari pembangunan Underpass Pramuka, seharusnya pekerjaan tersebut dikerjakan siang malam meskipun biaya sedikit membengkak, tetapi nama baik, waktu serta reputasi perusahaan akan didapatkan. Apabila kita mempelajari isi kontrak kerja dengan pemerintah, disana akan tercantum (kalau tidak salah) "Apabila pekerjaan pembangunan tidak selesai sesuai waktu yg disepakati maka pihak kontraktor akan dikenakan pinalti dan denda .....sekian persen..... dari nilai kontrak". Nah.... apakah pembangunan fasilitas umum yang ada di Jakarta ini selalu sesuai prosedure?

Sudah dua minggu ini papan pengumuman pembangunan underpass senen tidak ada, mungkin dicopot sementara atau ...... Kalau tidak salah di papan pengumuman tersebut tertulis; pekerjaan pembangunan dilaksanakan oleh kontraktor PP (Pembangunan Perumahan), pelaksanaan pekerjaan selama 150 hari kalender, saran bisa dialamatkan ke DPU, dll.

      >> Terlihat

Links to this post

Create a Link