« Home | “I LOVE YOU” » | Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda... » | Mengapa menyewa kalau Anda dapat membeli » | the power of the words » | Negaraku » | Free Backlink » | Seat Hot on Graft Case » | on the red carpet » | Welcome Nazaruddin from bogota » | jual ipad di kaskus » 

Monday, March 05, 2012 

Iklan “I Hate Slow” milik Smartfren

Manipulasi adalah sebuah proses rekayasa dengan melakukan penambahan, pensembunyian, penghilangan atau pengkaburan terhadap bagian atau keseluruhan sebuah realitas, kenyataan, fakta-fakta ataupun sejarah yang dilakukan berdasarkan sistem perancangan sebuah tata sistem nilai, manipulasi adalah bagian penting dari tindakan penanamkan gagasan, sikap, sistem berpikir, perilaku dan kepercayaan tertentu. [wikipedia.org]

Dibawah ini Iklan “I Hate Slow” milik Smartfren.




Disana terlihat pesan informasi yang memberitahukan akan "penurunan harga" dan "Gratis internet 12GB". iklan atau promosi barang seperti diatas merupakan bagian dari marketing dan berperan penting yang berdampak langsung terhadap penjualan.

Manipulasi melalui iklan atau cara apapun merupakan tindakan yang tidak etis.
Menurut Ibu Desi temennya mbak Ratna yang punya anak bernama Sari, Iklan “I Hate Slow” tutur ibu Desi, tidak seperti kenyataannya karena pemakaian setelah seminggu bukannya stabil koneksi internet tetapi melambat alias "I Like Slow" hingga sebulan ini.
Sedangkan Mbak Ratna malah berfikiran kalau iklan Promosi ponsel XSTRE@M EV-DO memanipulasi karena yang tertera di promo nya adalah penurunan harga dan Gratis internet 12GB.
Harga ponselnya memang turun menjadi 299 ribu, tutur mbak Ratna, tetapi Internetnya bukan gratis karena diharuskan membeli pulsa 50 ribu baru mendapatkan 1GB gratis.

Beginilah kalau ibu rumah tangga yang kurang pengetahuan, sudah membeli ponsel XSTRE@M EV-DO yang berharap mendapatkan gratis internet ternyata tidak seperti kenyataannya : komentar mbak Ratna; terpaksa uang jajan anaknya si Sari terpakai dengan sia-sia.

Bahasa iklan memang sangat menarik, singkat, jelas dan padat hingga konsumen terhipnotis akan bujuk rayu. Terkadang iklan justru menyesatkan dengan cara tidak mengatakan informasi seluruhnya dan mendiamkan sesuatu yang sebenarnya harus diketahui konsumen.

Kemarin, iseng mencoba Hp Modem Evdo terbaru punya Smartfren dan hasilnya memang kurang stabil. Pemakaian selama sejam langsung menurun kecepatannya hingga jeblok ke titik nol alias mematikan HP Modem.

Slogan Smartfren "I Hate Slow” akan berubah menjadi "I like Slow" , but easy to set up and free.

Labels:

ya.... lelet lagi deh... sesuai iklannya yang anti melet.

Post a Comment

Links to this post

Create a Link